Cari Blog Ini

Jumat, 18 Oktober 2013

SOSIALISASI ADMINISTRASI DAN KURIKULUM SMP ISLAM NUDIA

Hosting Unlimited Indonesia Sebanyak 293 orang tua siswa dari kelas 7, 8, 9 hari ini Sabtu, 19 Oktober 2013 direncanakan mengikuti sosialisasi Administrasi dan Kurikulum yang diselenggarakan oleh SMP Islam Nudia di Jalan Kenconowungu IV Karangayu Semarang. Sosialisasi dilakukan bertahap, tahap satu diikuti oleh kelas 7 yang berlangsung mulai jam 11.00 sampai jam 12.00. Kemudian dilanjutkan tahap 2 yang diikuti oleh orang tua siswa kelas 8 pada jam 12.30 sampai jam 13.30. Dilanjutkan tahap 3 diikuti oleh orang tua siswa kelas 9 yang berlangsung mulai jam 13.30 sampai jam 14.30.
Gambar: Orang tua siswa sedang mendengarkan sosialisasi administrasi dari bendahara sekolah

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua siswa terkait dengan administrasi sekolah, baik BOS maupun keuangan yang lain, serta program kurikulum yang telah diterapkan oleh SMP Islam Nudia mulai Juli 2013 kemarin. Harapannya adalah semua orang tua /Wali mengetahui secara baik dan memberikan masukan terkait dengan sistem administrasi sekolah serta program kurikulum sekolah.
"Agar orang tua siswa tidak salah paham atas segala bentuk program yang diterapkan sekolah, sehingga diharapkan ada sinergi antara orang tua siswa dengan sekolah dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran di sekolah." tutur Kepala Sekolah SMP Islam Nudia yang sekarang dijabat oleh Bapak Zaenuddin, S.Pd.
Bagian administrasi sekolah menyampaikan bahwa dana BOS diperuntukkan untuk semua anak-anak kurang mampu yang bisa menunjukkan kartu miskin, baik KPS, SKTM dan surat keterangan lainnya. Terkait dengan beasiswa BSM sekolah menyalurkan dana BSM yang telah didapatkan anak untuk  membiayai OSIS dan tabungan rekreasi.
Bagian Kurikulum menyampaikan program-program sekolah dan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh sekolah. Selain program kurikulum KTSP, sekolah juga menerapakan ekstra kurikulum yang berisi Baca Tulis Al Quran, Bahasa Arab, Fikih, dan Aqidah Akhlak. Selain itu Kegiatan ekstrakurikuler yang direncanakan untuk meningkatkan kemampuan dan bakat minat siswa juga dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Diantara kegiatan ekstra yang telah berjalan adalah English Club, Paskibra, Sepak Bola, dll. Dengan demikian siswa siswi SMP Islam Nudia diharapkan mampu menguasai beberapa kompetensi sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.
Menanggapi Aduan
Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menanggapi aduan dari orang tua siswa lewat media cetak pada minggu yang lalu. yaitu terkait dengan penarikan dana sebesar tiga ribu rupiah yang ditujukan kepada siswa setiap hari selama satu bulan. Menyikapi aduan tersebut, Sekolah sebenarnya sudah memberikan edaran yang berisi tujuan diadakan penarikan uang tiga ribu rupiah tersebut, yaitu untuk latihan berkurban bagi siswa-siswi agar terbiasa melakukan kurban untuk dirinya sendiri, sehingga kebiasaan tersebut dapat dibawa sampai besok ketika sudah beranjak dewasa.
Dengan diadakannya sosialisasi tersebut keterbukaan terkait administrasi sekolah dan program sekolah akan semakin terbuka lebar, sehingga tidak ada misskomunikasi ataupun prasangka yang tidak baik untuk sekolah. Harapannya jika sekolah dituntut untuk dapat mencerdaskan peserta didiknya, tentu saja peran orang tua untuk berpartisipasi baik memberikan dukungan moral maupun finansial sangat dibutuhkan. Dengan demikian sekolah akan berjalan dengan baik, program kurikulum dan semua kegiatan yang berkaitan dengan belajar mengajar di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar